program pendidikan d3 ahli madya perhotelan

PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN
> TAHUN BERDIRI : Tahun 1983
> MASA STUDI : 6 smt (3 tahun)
> AKREDITASI BAN : A (2082/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2018)
> BEBAN STUDI : 110-116 sks
> GELAR : Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par)
> TRAINING : Min 2 smt
> MODE : On Campus, Online, On Workplace

deskripsi
Program studi Perhotelan adalah kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan keterampilan hard skill, soft skill dan ilmu pariwisata khususnya dalam manajerial, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan/akomodasi, dalam bidang Akomodasi, Food Product, Service dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.
Program studi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta menghasilkan lulusan level 4 dalam SKKN atau Level Manager,yang memiliki kompetensi utama hospitality management serta kompetensi lainnya; kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut :
- Mampu menempati posisi manajer pada departemen front office
- Mampu menempati posisi manajer pada departemen Housekeeping (Floor supervisor/Houseman Supervisor)
- Mampu menempati posisi captain disebuah restoran / Cafe
- Mampu menempati posisi Senior Cook / Cook helper
- Memiliki kemampuan membuka usaha bidang restoran, café dan catering
- Menguasi proses reservasi dan registrasi Tamu
- Menguasai proses penangan pembersihan kamar dan making bad
- Menguasai tipe pelayanan dan teknik penyajian makanan dan minuman di restoran
- Menguasai mengolah jenis makanan di hotel dengan metode yang ada.
- Menguasi mengolah aneka pastry di hotel dengan metode yang ada
Untuk menghasilkan lulusan sesuai yang siap bekerja dibidang hospitality dan lulusan yang unggul mahasiswa harus mempunyai kompetensi dasar dibidang managerial dan operasional hotels sebagai berikut :
A. Di bidang Front Office
- Mahasiswa harus mengetahui proses ruang lingkup kerja di Front Office
- Mahasiswa harus mengetahui cara kerja bagian reservasi dan receptionist
- Mahasiswa harus mengetahui tata cara handling complain
- Mahasiswa harus mengetahui cara perhitungan forcast pendapatan dan tingkat hunian kamar
- Mahasiswa harus mengetahui prosedur penanganan barang bawahan tamu.
B. Di bidang Hosekeeping
- Mahasiswa harus mengetahui proses kerja di housekeeping department
- Mahasiswa harus mengetahui posedur pembersihan kamar
- Mahasiswa harus mengetahui jenis dan fungsi chemical
- Mahasiswa harus mengetahui jenis-jenis peralatan housekeeping dan fungsinya
- Mahasiswa harus mengetahui jenis-jenis linen dan sirkulasi linen
C. Di bidang Service
- Mahasiswa harus mengetahui operasional di Restoran
- Mahasiswa harus mengetahui service sequence
- Mahasiswa harus mengetahui tipe-tipe pelayanan
- Mahasiswa mengatahui Tabl setup
- Mahasiswa harus mengetahui jenis-jenis peralatan restoran dan inventory alat
- Mahasiswa harus mengetahui tentang menu
- Mahasiswa harus mengetahui handling complain
D. Bidang Food Product
- Mahasiswa harus mengetahui operasional dibagian Kitchen dan Struktur Kitchen
- Mahasiswa harus mengetahui jenis – jenis kitchen
- Mahasiswa harus mengetahui peralatan-peralatan kitchen dan fungsinya
- Mahasiswa harus mengetahui perhitungan food cost dan penentuan harga makanan
- Mahasiswa harus mengetahui standar receipt
- Mahasiswa harus mengetahui Jenis – jenis bahan dan ingredient
- Mahasiswa harus mengetahui metode dalam pengelolahan makanan
- Mahasiswa harus mengetahui metode dalam pengolahan kue dan roti
E. Bidang Managerial
- Mahasiswa harus mengetahui perencanaan kegiatan dimasing-masing departemen hotel
- Mahasiswa harus mengetahui bagaiaman controlling kegiatan operasional masing departemen hotel
F. Kompetensi Pendukung
- Mahasiswa harus mengetahui bagamaina membuat business plan
- Mahasiswa harus mengetahui cara menghandle kegiatan-kegiatan/acara-acara
- Untuk memberikan pengalaman dan menambah skill mahasiswa dengan adanya pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan satu tahun yang diadakan 2 kali.
Lulusan program studi Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta selain dapat melanjutkan ke Program Diploma IV atau S1, juga dapat bekerja sesuai dengan bidang ilmunya dalam bidang hospitality, dunia bisnis swasta, pemerintah maupun membuka usaha sendiri. Secara lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
No | Peluang karir | Keterangan |
1 | Manager | Manager lini pertama pada departemen hotel |
2 | Receptionist Hotel | Melayani reservasi dan registrasi tamu hotel |
3 | Concierge Hotel | Menerima, mengatur, dan mengantar barang tamu hotel |
4 | Chef | Mengolah makanan |
5 | Bartender | Meramu/meracik minuman |
6 | House Keeper | Mengatur kebersihan, kelengkapan dan melaporkan kesiapan kamar hotel |
7 | Pengusaha Catering | Mengelola bisnis makanan dan minuman |